Selasa, 13 November 2018

Belajar dasar ilmu nahwu

Susunan kata dalam ilmu nahwu

Ilmu nahwu merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang harokat akhir suatu kalimat(kata) dalam hal i’rob dan mahalnya.
Dalam ilmu nahwu terdapat beberapa susunan yakni:
1. كلام   adalah susunan dari beberapa kalimat yang berfadaedah,dapat dipahami dan disengaja dalam pengucapanya contoh قام زيد، ضرب زيد عمرا    itu dapat diartikan sebuah kalam apabilah kalimat tersebut sudah tersusun baik dalam susunan jumlah ismiyah atau fi’liyah, berfaedah yakni susunan tersebut sudah dapat dipahami kalau tidak bisa dipahami maka masih belum dikatakan kalam contoh ضرب زيد   lafadz tersebut belum dikatakan kalam larena belum bisa dipahami sami' (org yang mendengarkan) karena perlu dipertanyakan zaid itu memukul siapa, dan harus disengaja dalam ucapannya apabila ada orang mabuk atau nglindur walaupun itu ucapannya sudah tersusun maka belum dikatakan kalam dalam ilmu nahwu.
2. كلمة   adalah lafadz (kata dlm b. Indonesia)  yang sudah mempunyai arti baik berupa isim, fi’il maupun huruf contoh زيد، في، ضرب   dll. Yang Tidak bisa dikatakan lafadz contoh bunyi kendang, bunyi orang ngorok dll.
3. كلم  adalah  susunan dari 3 kalimat menjadi satu زيد قام ابوه, baik berupa kalimat yang sama قام قام قام   dan tidak harus berfaedah. Tetap dikatakan kalim
4. قول  adalah lafadz yang berfaedah (ucapan) dan tidak harus tersusun contoh في، تعليم، لابد

Sekian dan trimakasih sedikit dari pengetahuan saya dan Itu saja yang saya tulis semoga bermanfaat bagi para pembaca nya apabila ada pendapat lain atau pertanyaan tolong dibalas dikomentar dibawah ini!👇

Tidak ada komentar:

Posting Komentar